Investasi Tanah

Investasi Tanah Mengeuntungkan

Saat ini investasi di bidang properti bisa dikategorikan sebagai salah satu sarana investasi yang paling bersinar. Dalam beberapa tahun terakhir investasi properti tercatat memberikan nilai pengembalian yang lebih tinggi dibandingkan deposito, logam mulia atau bahkan saham.

Investasi tanah menguntungkan di Tangerang kawasan Gading Serpong

Alasan investasi properti terus menunjukan performa yang baik selama beberapa tahun terakhir adalah kebutuhan akan perumahan yang sangat tinggi di Indonesia, menurut data terakhir, Indonesia masih memiliki kebutuhan hunian yang belum terpenuhi (backlog) sebanyak 15 juta rumah, angka ini tentu bertambah setiap tahunnya bersamaan dengan pertambahan penduduk dewasa, selain itu rumah adalah kebutuhan primer bagi semua orang. Semua data tadi dapat memastikan bahwa kebutuhan akan rumah tetap selalu ada.

Investasi Tanah Cara Mendapat Keuntungan

 

Untuk berinvestasi tanah Gading Serpong merupakan lokasi yang direkomendasikan di Tangerang Selatan. Selain karena pertumbuhan ekonomi yang terus maju, wilayah ini juga merupakan pusat kota di Tangerang itu sendiri, sehingga harga tanah yang dimiliki sangat baik dan cepat melonjak karena itulah banyak investor yang berburu tanah ataupun rumah di kawasan ini.

Investasi properti dapat dibedakan menjadi tiga macam yaitu, investasi tanah, rumah dan apartemen. Setiap macam investasi ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, masyarakat perlu untuk mengenal dan mempelajari sifat dari masing-masing ini sebelum menentukan pilihan. Berikut adalah ulasan singkat mengenai investasi properti:

Baca juga : Investasi Rumah Cara Bisnis Menguntungkan

Apartemen

Saat ini investasi apartemen sedang booming daripada investasi tanah di Indonesia, dilihat dari harganya maka biasanya harga per meter persegi unit apartemen akan lebih tinggi dari rumah dan memiliki lokasi dan fasilitas yang lebih lengkap, memiliki apartemen di lokasi yang strategi juga dapat menjadi sumber passive income yang produktif bagi Anda karena mudah disewakan.

Kekurangan apartemen adalah luas lahannya yang relatif lebih kecil dibandingkan rumah, lalu biaya air, listrik dan maintenance yang relatif lebih tinggi dibandingkan rumah. Selain itu apartemen akan memiliki nilai taksasi yang lebih rendah daripada rumah jika diagunkan ke bank.

Rumah

Rumah umumnya lebih diminati oleh keluarga yang sudah berumur, dibandingkan dengan apartemen atau investasi tanah, rumah biasanya memiliki lahan yang lebih luas dan tempat parkir yang lebih mudah. Rumah juga dapat dengan mudah diperluas apabila kita menginginkan ruang tambahan di masa depan, faktor ini sangat penting bagi keluarga muda yang akan segera memiliki anak. Para pemilik rumah perlu memperhatikan perawatan dari rumah mereka akan bahaya rayap, kebocoran dan lain-lain.

Tanah

Investasi tanah mungkin adalah investasi yang paling menguntungkan diantara keduanya, sama seperti emas, investasi ini terbukti anti inflasi. Inilah sebabnya mengapa investasi ini dipilih oleh para orang tua di jaman dahulu, lebih dari itu tanah juga relatif tidak memerlukan perawatan dan jika terletak di lokasi yang strategis maka kenaikan harganya bisa berlipat-lipat. Para investor tanah perlu untuk memperhatikan lahan mereka dari waktu ke waktu, tanah sering ditempati dan dipakai oleh pihak lain jika tidak kita awasi.

Lokasi, lokasi, lokasi

Faktor utama yang harus diperhatikan saat berinvestasi properti adalah lokasinya, faktor ini amat sangat menentukan tingkat kenaikan dan liquiditas dari investasi Anda. Selain itu kita juga perlu jeli memperhatikan rencana tata kota di masa depan dan fasilitas sekitarnya, rencana pembangunan akses baru atau pembangunan pusat perbelanjaan yang dekat dengan tanah kita misalnya, daerah yang berkembang sangat menentukan nilai dari investasi properti Anda. Selamat berinvestasi!