Lokasi Strategis Menjadi Nilai Utama Investasi Kavling

Lokasi Strategis Menjadi Nilai Utama Investasi Kavling

Nilai utama investasi kavling ialah lokasi, yang diikuti dengan momentum serta pengemolaan management yang apik. Semua itu akan dibahas secara menyeluruh namun tetap simpel pada kesempatan kali ini.

Lokasi Strategis Menjadi Nilai Utama Investasi Kavling

Apa jawaban pertama yang Anda pikirkan saat berbicara mengenai faktor keuntungan dalam berinvestasi kavling? Percaya atau tidak, hampir sebagai masyarakat menjawab lokasi yang strategis memberikan pengaruh keuntungan dalam berinvestasi, khususnya investasi kavling. Secara fisik, investasi kavling atau investasi tanah merupakan salah satu jenis investasi properti dengan bentuk sebidang tanah dalam satu kawasan dengan sertifikat yang dapat dibagi sesuai dengan kesepakatan.

Nilai Utama Investasi Kavling Adalah Lokasi

Lokasi strategis menjadi pertimbangan utama dalam meraup keuntungan investasi kavling. Lokasi yang sering diburuh para investor biasanya terletak pada kawasan yang dekat dengan pusat kota, jalan raya, fasilitas sosial, fasilitas umum dan infrastruktur yang sudah dibangun. Untuk mendapatkan lokasi tersebut, dibutuhkan keaktifan para investor untuk datang ke berbagai pameran properti, survey lokasi, dan browsing melalui internet maupun brosur dan iklan. Jangan lupa untuk bertanya secara lisan melalui teman ataupun pihak developer langsung. Pasalnya lokasi dapat menentukan tinggi rendahnya harga jual. Semakin strategis wilayah yang dipilih, semakin besar peluang keuntungan yang didapat.
Faktor Meraup Keuntungan Investasi Kavling

Lantas, apakah lokasi strategis merupakan satu-satunya faktor dalam mendapatkan keuntungan investasi tanah? Berikut adalah faktor-faktor dalam meraup keuntungan dalam Investasi Kavling.

Investasi Kavling dengan Developer Terpecaya

Nilai utama investasi kavling lainnya yaitu sebelum membeli tanah ada baiknya Anda mengecek terlebih dahulu latar belakang developer properti. Pengecekan bisa dilakukan dengan cara mendatangi langsung ke lokasi perkantoran ataupun bertanya kepada teman ataupun agent property terkait reputasi developer. Jika perlu lakukan survei kecil-kecilan kepada pedagang sekitar dengan bertanya langsung mengenai pembangunan dan kredibilitas developer tersebut.

Perhatikan Legalitas dan Keabsahan Tanah

Legalitas sering kali menjadi kendala utama dalam investasi tanah. Tidak jarang para investor menghadapi masalah sengketa tanah setelah membeli tanah. Demi menghindari masalah tersebut, tanyakan sertifikat surat induk dan SPPT PBB tahun terakhir kepada developer untuk memastikan legalitas dan keabsahan sertifikat tanah yang dipilih. Pastikan surat yang didapatkan bukanlah fotocopy yang hanya berupa surat pernyataan bahwa tanah tersebut merupakan milik developer. Selain itu Anda dapat bertanya kepada kelurahan dan kecamatan terkait perizinan lokasi tersebut.

Kondisi Tanah

Setelah memastikan poin-poin sebelumnya, ada baiknya Anda memperhatikan kondisi tanah sebelum membelinya. Pilihlah jenis tanah yang dapat menunjang pembangunan. Hindari kondisi tanah yang bergerak dan miring. Biasanya kondisi tanah ini sangat rawan dan berpeluang terjadinya longsor saat musim hujan. Selain itu jenis tanah ini sangat tidak dianjurkan untuk membuat pembangunan.

Meskipun investasi tanah merupakan investasi yang pasif dan mendatangkan keuntungan yang berlipat disetiap tahunnya, pastikan Anda memahami dengan cermat terkait pemecahan sertifikat saat melakukan pelunasan pembelian. Karena peraturan pemecahan sertifikat dapat berubah sewaktu-waktu.