Selain Menguntungkan Kavling Juga Bisa Dimanfaatkan

Selain Menguntungkan Kavling Juga Bisa Dimanfaatkan – Investasi merupakan salah satu cara ampuh dalam menyambut kebahagiaan di hari tua. Masa-masa tua merupakan masa yang rentan terhadap kondisi kesehatan dan produktifitas dalam bekerja. Bahkan faktanya, semakin bertambahnya usia, semakin besar biaya hidup yang harus dikeluarkan. Indonesia sendiri merupakan salah satu Negara yang menyediakan berbagai pilihan instrumen dan kemudahan dalam berinvestasi, dimulai dari reksadana, deposito, tabungan berjangka, properti, emas dan lainnya.

Selain Menguntungkan Kavling Juga Bisa DimanfaatkanMisalnya perumahan baru di Tangerang Selatan yang belakangan ini semakin gencar pembangunannya. Hal ini juga menjadi peluang investasi yang bagus, baik memilih properti rumah maupun kavling.

Berbicara mengenai investasi, tentu tidak lepas dari keuntungan. Memang benar jika investasi menawarkan Anda dengan keuntungan yang besar, namun hal ini kembali lagi sejauh mana kejelian para investor menganalisis kondisi pasar untuk meraup keuntungan. Lantas bagaimana sih memilih jenis investasi yang paling menguntungkan dan aman untuk menyambut hari tua?

Selain Menguntungkan Kavling Juga Bisa Dimanfaatkan Bahkan Memberikan Keuntungan Berlipat

Investasi kavling atau investasi tanah merupakan jenis investasi properti pilihan tepat untuk menjamin hari tua. Karena sifat harga tanah yang terus menerus naik disetiap tahunnya, tidak heran jika bisnis investasi tanah cukup diburu para investor dari berbagai kalangan. Keuntungan lain yang didapat melalui investasi kavling adalah tidak memerlukan biaya perawatan dan pemeliharaan, maksudnya Anda tidak perlu membayar seseorang untuk melakukan pengecekan secara berkala terhadap kondisi tanah. Jika pun dibutuhkan, dana yang dikeluarkan pun tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan biaya perawatan investasi rumah atau apartemen.

Manfaat Investasi Kavling

Selain menguntungkan kavling juga bisa dimanfaatkan, mulai dari membangun ruko, rumah hingga kontrakan. Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah berikut!

Membuka Lapangan Pekerjaan

Meskipun investasi kavling merupakan pendapatan yang pasif, namun tidak ada salahnya jika Anda mengubah pendapatan tersebut menjadi aktif dengan cara membangun usaha di kavling atau tanah tersebut menjadi rumah makan, ruko, rumah ataupun kontrakan. Selain mendapatkan keuntungan disetiap bulannya, Anda juga membuka lapangan pekerjaan baru bagi sebagian orang.

Jaminan Biaya Pinjaman

Besarnya keuntungan dan tingginya kenaikan harga yang didapat melalui investasi tanah disetiap tahunnya membuat investasi kavling dapat dijadikan sebagai jaminan biaya pinjaman. Besarnya nilai jaminan tanah ditentukan langsung dari pihak bank dan masing-masing bank memiliki rumusan tersendiri dalam menilai biaya jaminan. Jadi, pastikan Anda melakukan survey ke sejumlah bank guna mendapatkan biaya pinjaman yang sesuai dengan nilai biaya jaminan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Investasi Kavling

Namun sebelum memanfaatkan lahan tersebut, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut guna menghindari kerugian dari investasi kavling.

Legalitas Kavling atau Tanah

Sebelum membangun di kavling tersebut pastikan Anda mengantongi legalitas tanah secara lengkap, mulai dari sertifikat hak milik, hak guna bangunan, hak pakai dan lainnya. Semakin lengkap sertifikat yang disimpan, semakin mudah Anda membangun usaha di tanah tersebut. Jika semua sertifikat sudah Anda pegang, pastikan Anda sudah mengecek keabsahan dari sertifikat tersebut. Anda bisa melakukan pengecekan tersebut melalui jasa notaris diwilayah terdekat dan jangan sungkan untuk bertanya jika masih ada beberapa hal yang kurang paham.

Lokasi Kavling yang Strategis

Lokasi yang strategis merupakan pertimbangan utama dalam memilih investasi kavling. Semakin strategis lokasi kavling, semakin besar keuntungan yang bisa diraup. Namun tidak semua lokasi kavling yang strategis mendapatkan keuntungan yang berlipat. Hal ini bisa terjadi karena minat konsumen yang sedikit atau duplikasi jasa atau produk yang terjadi dalam 1 wilayah yang berdekatan.

Demikian tips investasi tanah atau kavling untuk investor yang membahas Selain Menguntungkan Kavling Juga Bisa Dimanfaatkan ini. Semoga tips investasi tanah atau kavling diatas dapat membantu Anda ya! Selamat berinvestasi!