Untung Rugi Investasi Properti Yang Harus Dipelajari

untung rugi investasi properti

Bagaimana prospek dan untung rugi investasi properti, melihat kelemahan dari contoh bisnis tanah kavling, rumah, dan apartemen.

untung rugi investasi propertiMengatahui Arah Untung Rugi Investasi Properti

Menginjak usia 20 tahun, ada saatnya Anda mulai memikirkan bagaimana cara mendapatkan keuntungan sampingan melalui pendapatan utama. Investasi properti merupakan salah satu instrument investasi yang populer di kalangan investor. Tingginya kenaikan harga disetiap tahunnya membuat konsumen berburu properti yang ada. Namun apakah investasi properti selalu menguntungkan? Yuk simak jawabannya di beberapa point-point berikut!

 

  1. Investasi properti merupakan tabungan kas yang aman

Tingginya permintaan rumah di setiap tahunnya membuat pemerintah gencar mengejar target program sejuta rumah. Hal inilah yang membuat para investor percaya bahwa semakin banyak yang mencari rumah, semakin besar gerbang keuntungan terbuka untuk Anda tanpa mengganggu pemasukan keuangan utama.

  1. Nilai Jual yang meroket

Pengaruh permintaan pasar yang tinggi serta inflasi juga mempengaruhi nilai jual rumah yang meroket setiap tahunnya. Contohnya saja kawasan premium Serpong dan Tangerang yang mengalami kenaikan harga jual sejumlah 60-70% setiap tahunnya*

  1. Tentukan Daya Beli

Sah-sah saja jika Anda memutuskan untuk membeli rumah dengan harga yang tinggi. Namun ada baiknya Anda menyesuaikan daya beli dengan kondisi keuangan. Anda tidak inginkan mendapatkan kerugian dari hasil investasi?

  1. Pilih lokasi yang strategis

Salah satu langkah sederhana mendapatkan profit maksimal dalam berinvestasi adalah dengan menganalisis lokasi properti sebelum membeli. Pilih lokasi dengan lingkungan yang dikelilingi dengan perkantoran, pusat perbelanjaan, pendidikan dan tentunya dekat dengan jalur transportasi. Karena rumah yang strategis biasanya memiliki harga jual yang tinggi.

  1. Bisa diinvestasikan berbagai cara

Investasi properti khususnya rumah dan apartemen memiliki berbagai cara dalam meraup keuntungan, salah satunya dengan menyewakan perbulan atau pertahun. Contohnya saja jika rumah Anda seharga 500 juta, menurut berbagai sumber ada baiknya jika Anda menyewakannya 5% dari harga jual Anda per tahun. Harga biaya sewa ini tentunya akan meningkat setiap tahun. Jadi bisa dibayangkan kan, berapa jumlah keuntungan yang kamu dapatkan di setiap tahunnya.

  1. Jaminan yang terbaik untuk pinjaman Bank

Aset properti memiliki nilai tinggi di bank jika dibandingkan dengan asset lainnya. Bahkan jika Anda melakukan pinjaman dengan jaminan rumah, biasanya akan dikenakan bunga yang lebih rendah dan besaran pinjaman bisa lebih maksimal, yaitu 70-80% dari nilai pinjaman.

Bagaimana setelah mempelajari mengenai untung rugi investasi properti? Masih ragu jika investasi properti bukanlah investasi yang mengungtungkan? Apapun jenis investasi yang Anda pilih, pastikan Anda memahaminya terlebih dahulu ya. Karena tujuan dari investasi adalah mendapatkan keuntungan bukan kebuntungan. Selamat berinvestasi!